MAKALAH SEMINAR
KUNJUNGAN KE PENGINAPAN NOVA
Disusun Sebagai Salah Satu
Syarat Mengikuti Mata Kuliah
Seminar Pendidikan Ekonomi
OLEH:
KELOMPOK 1
RENCANA BAIK NDRURU
REFORMASI TAFONAO
REFIDER HALAWA
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) NIAS SELATAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
TAHUN
AKADEMIK 2014/2015
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas kasih dan penyertaan-Nya kepada kami
khususnya kelompok I dalam melakukan kunjungan ke Penginapan NOVA dalam rangka
untuk memperoleh data informasi seputar bisnis yang dijalankan dalam perusahaan
tersebut.
Data yang kami peroleh dari
perusahaan penginapan nova, kami gunakan untuk melengkapi materi pembahasan
kami yang dimuat dalam makalah ini untuk deseminarkan kepada saudara/i
mahasiswa khsusnya jurusan Pendidikan Ekonomi dan kepada seluruh mahasiswa
STKIP Nias Selatan pada umumnya.
Kami tim penulis, juga mengucapkan
banyak terima kasih kepada Bapak Drs. Baziduhu Laia, M.Pd sebagai dosen
pengampu mata kuliah Seminar Pendidikan Ekonomi yang telah menginjinkan kami
dalam melakukan kunjungan diberbagai perusahaan-perusahaan khususnya dibidang
perhotelan/penginapan untuk memperoleh data seputar dunia bisnis sehingga dapat
diseminarkan. Kemudian, kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak
AKBP Elezaro Duha dan keluarga yang telah menerima kami dalam melakukan
perekrutan data melalui wawancara yang kami butuhkan dalam melengkapi isi
pembahasan makalah ini.
Kami tim penulis, memohon maaf
sebesar-besarnya bila dalam penyususnan makalah ini banyak berbagai kekurangan
dan kelemahan kami baik dalam segi materi, tutur kata maupun bahasa yang kami
gunakan. Untuk itu, kami tim penulis sangat mengharapkan berbagai masukan serta
kritik dari saudara/i yang bersifat positif untuk perbaikan-perbaikan makalah
selanjutnya.
Demikian yang kami sampaikan, kami
ucapkan banyak terima kasih semoga makalah ini dapat berguna bagi kita semua.
Telukdalam, Maret 2014
Tim
Penulis,
|
DAFTAR
ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang ................................................................. ........ 1
B.
Tujuan .............................................................................. ......... 2
C.
Masalah............................................................................ ......... 2
D. Manfaat .................................................................................... 2
BAB II HASIL TEMUAN DARI PERUSAHAAN (PENGINAPAN
NOVA)
A. Sejarah
Berdirinya Penginapan Nova ...................................... 3
B. Modal
yang Digunakan ........................................................... 4
C. Pengelolaan .............................................................................. 4
D. Masalah
yang Sering Dihadapi ................................................ 5
BAB
IV PEMBAHASAN (USAHA
PERHOTELAN/PENGINAPAN)
A.
Pengertian Bisnis/Perusahaan ................................................... 7
B.
Memulai Bisnis Perhotelan/Penginapan
Secara Teknis ........... 8
C.
Pengelolaan Perusahaan
Perhotelan/Penginapan .................... 13
D. Kegiatan
Promosi ..................................................................... 14
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan .............................................................................. 15
B. Saran
........................................................................................ 15
DAFTAR
PUSTAKA .................................................................................... 16
Lampiran.
|
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Bisnis
(perusahaan) merupakan organisasi yang menyediakan barang atau jasa untuk
dijual dengan maksud untuk mendapatkan laba. Jika pelaku wirausaha dapat
mengidentifikasi kebutuhan konsumen yang tidak terpenuhi, atau pun cara yang
lebih baik dalam memuaskan kebutuhan pelanggan, mereka akan berhasil (Ricky W.
Griffin, Ronald J. Ebert. 1996).
Dalam
dunia bisnis, banyak kita temukan berbagai masalah yang dapat membuat usaha
kita gagal. Masalah ini bisa timbul dari luar perusahaan (eksternal) maupun
dari dalam perusahaan itu sendiri (internal). Hal ini perlu diwaspadai oleh
para pemula bisnis supaya dapat memanage seluruh kegiatan dan perilaku dalam
sebuah perusahaan.
Untuk
itu, dalam rangka meningkatkan dan menciptakan para entrepreneur yang sukses
dan berkualitas kedepan serta bebas dari jeratan masalah, perlu diberi
bimbingan dan materi tentang cara berwirausaha yang sesungguhnya kepada kaum
muda dengan menggunakan berbagai macam cara.
Pendidikan
saat ini, juga merupakan salah satu tempat dimana para penerus atau bibit-bibit
para entrepreneur banyak diciptakan. Bukan hanya saja membekali siswa secara
soft skill melainkan juga membekali siswa dengan hard skill sehingga siswa yang
telah menamatkan pendidikannya kelak tidak lagi menganggur akan tetapi dapat
membuka usaha sendiri.
Kemudian,
melihat bahwa dunia bisnis saat ini juga merupakan salah satu sumber pendapatan
negara maka upaya pemerintah membuka berbagai sekolah-sekolah khusus diseluruh
pelosok yang memiliki berbagai macam jurusan atau program keahlian untuk
menampung para anak-anak bangsa yang memiliki bakat dan keahlian dibidang
tertentu. Hal ini juga mencerminkan bahwa pemerintah ikut berperan dalam
mengembangkan dunia bisnis (perusahaan).
|
B.
Tujuan
Tujuan
pembuatan makalah ini yang penulis utarakan adalah supaya kita:
1. Dapat
mengetahui cara memulai dan melakukan kegiatan bisnis dalam bidang
penginapan/perhotelan (melalui hasil kunjungan yang dilakukan atau sumber lain)
2. Dapat
memanage seluruh kegiatan dalam perusahaan penginapan/perhotelan
3. Mengenali
masalah yang terjadi dan dapat mengambil solusi yang tepat.
C.
Masalah
Masalah
yang dikemukakan oleh penulis dalam makalah ini yakni sesuai dengan tujuan:
1. Bagaimana
cara memulai dan menjalankan kegiatan bisnis (perusahaan) secara efisien?
2. Bagaimana
cara mengelola (memanage) perusahaan?
3. Bagaimana
cara serta solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah yang terjadi dalam
perusahaan?
D.
Manfaat
Manfaat
penulisan makalah ini yakni:
1. Bagi
penulis
Untuk
memenuhi syarat dalam mengikuti mata kuliah Seminar Pendidikan Ekonomi serta
untuk mendapatkan pengalaman dalam penyusunan laporan kunjungan lapangan
melalui kegiatan seminar.
2. Bagi
siswa
Untuk
dijadikan sebagai bahan bacaaan atau referensi untuk menambah wawasan seputar
dunia bisnis (perusahaan).
|
BAB
II
HASIL TEMUAN DARI PERUSAHAAN
(PENGINAPAN NOVA)
A. Sejarah Berdirinya Penginapan NOVA
Penginapan
NOVA mulai beroperasi pada tahun 2009 yang sebelumnya adalah hanya rumah
keluarga yang terletak dijalan Pelita – Pasir Putih No. 10. Pemilik perusahaan
ini adalah Bapak AKBP. ELEZARO DUHA mantan KAPOLRES Nias selatan yang sekarang
beliau menjabat anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara menggantikan Bapak SUASANA
DACHI, SH.
Sebelumnya,
Beliau menitik karir di kepolisian sejak Tahun 1997 dan pernah bertugas di
Polres Nias. Di kota Gunung Sitoli beliau memiliki satu rumah disana dan
tinggal bersama keluarganya saat bertugas disana. Setelah dipindahkan ke Telukdalam
menjadi Kapolres Nias selatan rumah yang ada di gunung sitoli disewakan kepada
orang lain sementara mereka di Telukdalam tinggal dirumah sendiri yang sekarang
telah direnovasi menjadi penginapan.
Dalam
kepribadian beliau, juga ada sosok entrepreneur sehingga beliau berkeinginan
untuk merenovasi rumahnya menjadi sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang
jasa yakni penginapan demi mendapatkan laba dan usaha ini sebagai pekerjaan
sampingan keluarganya, karena istri beliau hanya sebagai Ibu Rumah Tangga saja
sehingga timbul pemikiran “dari pada gak ada kerja dirumah, mending direnovasi
rumah ini menjadi penginapan” (imbuhnya saat wawancara).
Disisi
lain, dia juga menunnjukkan sifat pemimpin yang bertanggungjawab dalam keluarganya
bukan hanya saja di kepolisian. Artinya beliau bertanggungjawab atas seluruh
anggota keluarganya untuk dinafkai dan melengkapi seluruh kebutuhan keluarganya
dengan cara yang halal, salah satunya adalah melalui perusahaan penginapan yang
dikelolanya saat ini.
Pada
tahun 2005 Bapak Elezaro Duha mengakhiri pekerjaannya dikepolisian karena umur
yang telah menduduki masa pensiun (purnawirawan).
|
B. Modal yang Digunakan
Menurut
informasi yang didapatkan, dalam membangun penginapan nova mereka menggunakan
modal pribadi. Akan tetapi, mereka tidak bisa memberikan perincian anggaran
yang digunakan selama pembangunannya karena sebelum ada penginapan hanya berupa
rumah keluarganya saja. Kemudian proses pendiriannya bertahap-tahap artinya
kapan ada uang disitu dilanjutkan pembangunan. Makanya pada saat kami
berkunjung dan menanyakan berapa modal yang dikeluarkan mereka tidak bisa
perkirakan.
Samahalnya
saat direnovasi menjadi sebuah penginapan, sistem pengerjaannya bertahap
disebabkan karena modal yang kurang memadai. Penginapan nova pada saat renovasi
pertama hanya memiliki kamar sebanyak 5 dan fasilitas yang ada kurang memadai.
Setelah lama kelamaan terus dilakukan renovasi, penginapan ini memiliki 10
kamar dan berlantai 2 Sampai saat ini.
Tidak
hanya sampai saat ini pembangunannya, menurut informasi yang kami ambil
bahwasannya pembangunan penginapan ini akan terus dilanjutkan, tetapi
tergantung pada modal. Pertapakan lahan yang digunakan pada lokasi pendirian
perusahaan ini adalah milik pribadi dan merupakan warisan dari orang tua.
C.
Pengelolaan
Pengelolaan
yang dilakukan dalam perusahaan ini tidak seperti pada penginapan yang sering
kita temui atau kita lihat di perusahaan lain yang serba lengkap dengan
bagian-bagian pekerjanya. Misalnya Cleaning Service, security,
operator-operator lain serta rumah makan. Akan tetapi pada penginapan nova
tidak terdapat hal demikian karena pengelolanya keluarga mereka sendiri
sehingga mereka tidak memerlukan biaya yang besar untuk mengupahi orang lain
yang bekerja disana.
|
Berhubungan
dengan pelayanan tamu, saat dilakukan wawancara bahwasannya dalam melayani tamu
yang datang mereka juga meberikan pelayanan yang pantas diterima oleh para tamu
atau konsumen seperti halnya dengan pelayanan yang sesuai dengan kriteria yang
sesungguhnya (pelayanan prima).
Tamu
yang datang di penginapan ini, apabila mereka membutuhkan makanan maka mereka
memesan dari luar karena dalam penginapan ini tidak tersedia rumah makan. Bagi
tamu yang datang wajib menjaga ketertiban yang telah ditentukan dan ditetapkan
oleh perusahaan ini, misalnya dilarang menerima tamu tengah/larut malam,
dilarang membawa benda-benda tajam atau senjata api kecuali bagi para POLRI dan
TNI.
D. Masalah yang Sering Dihadapi
Menurut
informasi yang didapatkan, masalah yang sering dihadapi oleh perusahaan ini
yaitu masalah pelanggan. Artinya para pengunjung di penginapan ini sangat
terbatas atau sangat sedikit mungkin saja hal ini bisa diakibatkan karena masalah
ketersediaan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan oleh konsumen seperti yang
dikatakan sebelumnya masalah rumah makan. Seluruh kebutuhan makanan para
konsumen dipesan dari luar hal ini bisa membuat konsumen tidak lagi menginap di
penginapan ini. Kemudian, penginapan ini jauh dari keramaian orang atau dengan
kata lain sepi hal ini juga bisa membuat para tamu tidak berminat untuk tinggal
di penginapan ini. Hal tersebut diatas tidak menjadi masalah bagi pemilik
perusahaan (imbuhnya saat wawancara).
Pengunjung
yang datang (penginap) adalah orang-orang yang datang dari luar kabupaten nias
selatan bahkan wisatawa-wisatawan asing seperti Jepang, Amerika serikat,
Australia dan beberapa tourist lain pernah menginap di penginapan ini. Akan
tetapi tamu yang datang tidak lama kadang hanya 3-4 hari mereka nginap setelah
itu tidak ada lagi.
|
Itulah
hasil seluruh informasi yang didapatkan oleh kelompok 1 saat berkunjung di penginapan
nova mulai dari sejarah berdirinya perusahaan hingga pada perkembangan
pengelolaannya saat ini.
|
BAB
III
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Bisnis (Perusahaan)
Raymond E. Glos dalam bukunya Business: Its Nature and Environment: An Introductio, menyatakan
bahwa perusahaan diartikan sebagai sebuah organisasi yang memproses perubahan
keahlian dan sumber daya ekonomi menjadi barang dan/atau jasa yang ditujukan
bagi pemuasan kebutuhan para pembeli, serta diharapkan akan memberikan laba
bagi para pemiliknya.
Bisnis hotel adalah bisnis yang
sangat menguntungkan dan sustainable atau bertahan lama. Salah satu hal yang
pasti dari memiliki bisnis hotel adalah mendapatkan nilai jual property hotel
anda yang jauh lebih tinggi dari modal yang anda keluarkan pada saat
pembangunannya, bahkan apabila hotel anda selalu ramai dikunjungi tamu dengan
tingkat huni yang tinggi maka nilai hotel anda akan berlipat lipat. Disinilah
kuncinya mengapa pengusaha yang sudah memiliki satu hotel akan dalam waktu yang
tidak terlalu lama memiliki hotel baru yang lain.
Berbeda dengan bisnis lain,
kesuksesan bisnis hotel dikarenakan para pemilik maupun pengelola hotel lebih
banyak menitikberatkan kepada faktor SDM sebagai pelaksana. Sudah banyak slogan
perusahaan besar pengelola hotel yang menyatakan bahwa bisnis hotel adalah
mengenai bagaimana menyenangkan para tamu dan untuk dapat menyenangkan para
tamu maka para karyawan yang bekerja di suatu hotel haruslah merasa senang
terlebih dahulu, dan bagaimana untuk membuat karyawan senang, tentu banyak
caranya.
Selain itu, faktor lokasi , faktor
harga, faktor kebersihan dan kenyamanan, faktor fleksibilitas juga memegang
peranan yang sangat penting terdadap kesuksesan bisnis ini, sehingga bagi anda
yang berencana memulai business hotel dapat mempertimbangkan faktor-faktor
diatas.
|
Organisasi
bisnis (perusahaan) dijalankan oleh seorang manajer bersama dengan
anggota-anggotanya. Apabila seorang manajer tidak dapat menggerakkan seluruh
anggotanya maka kegiatan yang dilakukan dalam bisnis tidak akan pernah berjalan
secara efisiensi. Dalam organisasi perusahaan perlu ada pengorganisasian yang
matang sebelumnya dan ini adalah tugas utama seorang manajerial perusahaan.
Banyak kita temui dalam perusahaan-perusahaan saat ini yang menjadi faktor
utama yang sangat mempengaruhi perkembangan perusahaan adalah masalah etika dan
moral baik itu etika manajerial maupun etika karyawan.
Etika
dalam bisnis merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan yang
diinginkan karena ini sangat berpengaruh sekali kepada pihak internal
perusahaan maupun kepada pihak eksternal. Etika dalam bisnis berbicara tentang
perilaku etis yang seharusnya diberikan dan ditunjukkan oleh semua orang yang
ada dalam lingkungan organisasi tersebut kepada satu dengan yang lain hingga
kepada konsumen dan lingkungan sekitar.
B. Memulai Bisnis Perhotelan/Penginapan Secara Teknis
Dalam
memulai bisnis perhotelan/penginapan, banyak pengusaha hotel yang
memulainya hanya dengan memiliki sebidang tanah berikut permodalan yang tidak
begitu besar.
Untuk
mewujudkan mimpi memiliki sebuah hotel/penginapan pada sebidang tanah tersebut,
dibutuhkan bantuan permodalan dari pihak lain seperti pihak perbankan atau
investor dimana dalam pengajuan kredit ke pihak perbankan atau investor, calon
pemilik hotel harus sudah memiliki Rencana Anggaran Biaya atau R.A.B
pembangunan hotel/penginapan tersebut serta Studi Kelayakan usaha Hotel atau
Hotel Feasibility Study (FS ).
|
Memulai
bisnis perhotelan/penginapan secara teknis sangat penting karena dapat
mengurangi resiko yang dapat menimbulkan kerugian besar bagi pemilik
perusahaan. Berikut dapat dijabarkan beberapa langkah-langkahnya:
1. Ide atau
Konsep Hotel
Banyak
pemilik hotel atau pengusaha hotel yang sukses memulai bisnis ini dari nol
hanya dengan memiliki ide atau konsep cemerlang tentang hotel yang akan
dibangunnya.
2. Permodalan
Setelah ide anda cukup menggebu dan anda merasa sangat yakin dengan ide tersebut, maka langkah selanjutnya adalah dengan melihat faktor permodalan anda. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah hotel? Tentu disesuaikan dengan besar kecilnya hotel yang kelak akan anda bangun. Namun apabila permodalannya tidak begitu besar, anda tetap dapat membangun hotel dengan konsep simple atau budget hotel.
Memulai membangun hotel tidak harus anda memiliki modal 100% namun anda bisa memulai dengan menyediakan 40-50% nya saja, selebihnya bisa anda dapatkan dari pinjaman bank.
Setelah ide anda cukup menggebu dan anda merasa sangat yakin dengan ide tersebut, maka langkah selanjutnya adalah dengan melihat faktor permodalan anda. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah hotel? Tentu disesuaikan dengan besar kecilnya hotel yang kelak akan anda bangun. Namun apabila permodalannya tidak begitu besar, anda tetap dapat membangun hotel dengan konsep simple atau budget hotel.
Memulai membangun hotel tidak harus anda memiliki modal 100% namun anda bisa memulai dengan menyediakan 40-50% nya saja, selebihnya bisa anda dapatkan dari pinjaman bank.
3. Penentuan
Lokasi
Faktor
lokasi sangat menentukan kesuksesan usaha hotel sehingga pemilihan lokasi harus
anda lakukan dengan sangat hati-hati. Pada penentuan lokasi ini, anda dapat
membeli tanah yang masih kosong atau tanah dengan bangunan yang tidak berfungsi
dan dapat anda beli dengan harga yang tidak terlalu tinggi.
4. Buat Studi
Kelayakan atau Feasibility Study
|
Feasibility
Study dibuat salah satunya oleh konsultan hotel, karena untuk mengetahui secara
detail berbagai aspek operational, aspek pasar, aspek financial dan managemen
hotel secara menyeluruh. Feasibility Study dibutuhkan karena pihak perbankan
atau investor perlu suatu keyakinan bahwa dana yang akan mereka kucurkan
melalui kredit investasi ini aman dan dapat kembali tepat waktu.
Ada
2 (dua) aspek penting dalam studi kelayakan yaitu:
1.
Aspek Pasar
Studi kelayakan menggali secara mendalam melalui investigasi
lapangan tentang kekuatan pasar atau market demand akan produk hotel di suatu
wilayah tertentu.
2.
Aspek Finance
Suatu
hitungan yang detail dan komprehensive tentang rencana cash flow usaha
hotel apabila hotel ini kelak jadi beroperasi. Melalui analisa cash flow ini,
pihak perbankan atau investor dapat melihat kemampuan debitur untuk
mengembalikan pinjaman berikut bunganya.
5. Libatkan
Konsultan Hotel
Dengan
melibatkan konsultan hotel, akan banyak mengurangi beban pekerjaan perencanaan
hotel anda dan dengan adanya konsultan hotel maka perencanaan detail terhadap
rencana operasional hotel dapat dilakukan dengan lebih baik. Adanya konsultan
hotel dapat menghemat banyak dana yang disebabkan anda salah beli barang dan
peralatan serta salah design yang menyebabkan pembangunan harus dibongkar ulang
dikarenakan tidak operation wise.
Berikut
jasa yang diberikan Konsultan kepada para pemilik perusahaan
perhotelan/penginapan, yaitu:
a.
Technical Service
|
b.
Pre Opening Service
Pre Opening Service
adalah jasa yang diberikan pada saat pembangunan hotel/penginapan sudah
mendekati tahap penyelesaian. Jasa yang diberikan meliputi rekruitment pegawai,
pelatihan pegawai, penyiapan standar operation & prosedur, policy &
procedure, simulasi kerja bagi karyawan sampai hotel tersebut dibuka untuk
umum.
c.
Operation & Management
Setelah
hotel/penginapan dibuka untuk umum, maka dibutuhkan pengelolaan secara baik dan
benar agar hotel/penginapan tersebut
dapat memberikan keuntungan maksimal. Pengelolaan hotel cukup rumit dan banyak
menyita waktu dan energi sehingga banyak pemilik hotel yang menyerahkan
pengelolaannya kepada para operator hotel, dan sebagai pemilik anda cukup
menerima laporan perkembangannya saja. Dengan menyerahkan pengelolaan hotel
kepada operator pengelola hotel, anda dapat lebih memfokuskan diri pada
pengembangan usaha seperti pembangunan hotel baru di wilayah lain.
6. Penentuan
Arsitek
Untuk
mendesign hotel/penginapan agar maksimal dalam pemanfaatan ruang dan agar
kontraktor dapat membangun hotel dengan biaya effisien maka dibutuhkan seorang
arsitek atau konsultan perencana dalam perencanaan pembangunan hotel anda.
Arsitek akan menggambar seluruh arsitektur bangunan, membuat gambar mekanikal
& elektrikal serta plumbing sampai membuat rencana anggaran biaya yang
dibutuhkan untuk pembangunan hotel anda tersebut. Gambar arsitektur juga
dibutuhkan dalam pengurusan Izin Mendirikan Bangunan hotel anda.
|
7. Pengurusan
Perijinan
Sebelum
anda membangun hotel, anda harus mengurus segala perijinannya. Yang paling
pertama tentunya adalah izin lokasi karena tanpa izin ini tentu anda tidak
dapat mengurus izin-izin yang lain dari pemda setempat.
8. Penentuan
Kontraktor & Konsultan Pengawas
Setelah
design arsitektur hotel/penginapan selesai dan Izin Mendirikan Bangunan
didapatkan dari Pemda setempat, maka tahap selanjutnya adalah menentukan siapa
yang akan menjadi kontraktor pembangunan hotel anda. untuk menentukan siapa
kontraktor pembangunan hotel, dapat dikakukan dengan cara tender atau
penunjukan langsung. Selain kontraktor, anda juga harus menentukan siapa yang
akan menjadi Konsultan Pengawas yang bertugas mengawasi kontraktor agar proses
pembangunan berjalan tepat waktu serta sesuai dengan spesifikasi-spesifikasi
yang dibuat oleh konsultan perencana. Konsultan Pengawas adalah wakil dari
Project Owner dalam proses pembangunan hotel.
9. Belanja
Kebutuhan Barang dan Perlengkapan Hotel.
Untuk
kebutuhan ini, anda dapat melakukannya sendiri, namun dengan adanya konsultan
yang membantu anda maka terjadinya salah beli atau harga barang terlalu mahal
dapat anda hindari. Barang-barang kebutuhan operasional hotel cukup mahal
harganya sehingga terjadinya salah beli akan mengakibatkan investasi yang
membengkak.
10. Persiapan
Pembukaan Hotel
Apabila
sampai tahap nomor 9 anda melakukannya tanpa bantuan Konsultan hotel, maka pada
tahap persiapan pembukaan hotel ini, anda benar benar harus menyewa seorang
konsultan atau tenaga ahli untuk melakukan rekruitmernt pegawai, pembuatan
standar operasional & prosedur, training dan lain-lain. Untuk kebutuhan
ini, anda tidak dapat lakukan sendiri kecuali jika anda memang seorang ahli di
bidang manajemen hotel dengan pengalaman yang cukup.
11. Pembukaan
Hotel
|
C.
Pengelolaan Perusahaan
Perhotelan/Penginapan
Pengelolaan
perusahaan perhotelan bukanlah cara yang gampang seorang menejer harus dapat
memanage seluruh kegiatan yang dilakukan para karyawannya dalam perusahaan ini.
Pengelolaan perusahaan ini sama halnya dengan perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang lain.
Perilaku
atau etika seorang manajer selalu diharapkan pada pengelolaan perusahaan ini,
etika ini perlu dibina pada seluruh anggota organisasi perusahaan supaya tetap
memberikan pelayanan yang utuh antara satu dengan yang lain hingga bagi konsumen
sehingga para konsumen atau pengunjung tersebut tetap dipertahankan dan merasa
puas dengan pelayanan yang diberikan.
Berikut
gambar hubungan etika atau perilaku seseorang yang sangat diperlukan dalam
sebuah perusahaan perhotelan/penginapan.
Dari gambar diatas, bisa kita
ketahui bahwa perilaku seorang manajer sangat berpengaruh bagi karyawan,
karyawan ke konsumen, konsumen bertindak dan berimbas terhadap perusahaan dan
perusahaan mengalami kemacetan/kegagalan operasi dan mengakibatkan kerugian
bagi manajer/pemilik perusahaan.
|
D.
Kegiatan Promosi
Tujuan
seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan adalah untuk mendapatkan suatu
penghsilan. Jika seseorang ingin memiliki sesuatu penghasilan yang lebih besar
lagi maka seseorang tersebut melakukan berbagai macam cara untuk
mendapatkannya. Demikian halnya dengan perusahaan perhotelan ini jika ingin lebih dikenal maka salah satu cara
adalah melalui kegiatan promosi baik melalui media masa, kegiatan seminar, dan
berbagai macam cara lainnya.
Saat
ini banyak kita temui diberbagai iklan-iklan televisi yang mempromosikan
perusahaan perhotelan/penginapannya guna mempengaruhi masyarakat luas untuk
berkunjung pada perusahaan tersebut. Disisilain, kegiatan promosi juga membantu
dalam mengembangkan perusahaan.
|
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari
pembahasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa dalam memulai bisnis/perusahaan
perlu diperhatikan berbagai macam langkah yang akan dilakukan sebagai tahap
awal sebelum melakukan tindakan. Tindakan yang akan diambil jangan terlalu
buru-buru karena dapat mengakibatkan hal yang sangat fatal dan mengakibatkan
kerugian besar.
Kemudian,
dari beberpa pembahasan mengenai dunia bisnis dalam bidang
perhotelan/penginapan diatas, dapat kita ketahui apa itu yang dimaksud dunia
bisnis? Dan menyimpulkannya sesuai dengan pendapat ahli dibawah ini.
Raymond E. Glos dalam bukunya Business: Its Nature and Environment: An Introductio, menyatakan
bahwa perusahaan diartikan sebagai sebuah organisasi yang memproses perubahan
keahlian dan sumber daya ekonomi menjadi barang dan/atau jasa yang ditujukan
bagi pemuasan kebutuhan para pembeli, serta diharapkan akan memberikan laba
bagi para pemiliknya.
Bisnis
hotel adalah bisnis yang sangat menguntungkan dan sustainable atau bertahan
lama. Salah satu hal yang pasti dari memiliki bisnis hotel adalah mendapatkan
nilai jual property hotel anda yang jauh lebih tinggi dari modal yang anda
keluarkan pada saat pembangunannya, bahkan apabila hotel anda selalu ramai
dikunjungi tamu dengan tingkat huni yang tinggi maka nilai hotel anda akan
berlipat lipat.
B.
Saran
Yang menjadi saran penulis dalam
materi pembahasan ini adalah agar hal yang terbaik yang tercantum dalam makalah
ini semoga dapat bermanfaat bagi saudara/i dan dapat dilaksanakan sesuai dengan
ketentuannya saat memulai usaha anda kelak dan apabila ada hal-hal yang mengkin
tidak sesuai dengan keinginan sehingga saudara/i tidak termotivasi sama sekali
supaya dapat memaklumi dan mari kita bekerja sama dalam mencari solusi yang
tepat sesuai dengan keinginan yang kita harapkan bersama.
|
DAFTAR
PUSTAKA
·
Hasil perolehan data/informasi saat
berkunjung di Penginapan NOVA Tanggal 10 Maret 2014
·
Rycky W. Griffin, Ronald J. Ebert. B I S N I S edisi kedelapan, 2006.
PT.Gelora Aksara Pratama.
·
Artikel Sanitasi Perhotelan.
|
Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk mengatasi kebutuhan keuangan Anda? kami menawarkan pinjaman mulai dari 5,000.00 ke 250.000.000,00 Max, kita dapat diandalkan, efisien, cepat dan dinamis, tidak ada pemeriksaan kredit dan menawarkan 100% dijamin pinjaman luar negeri selama seluruh periode sini. Kami juga mengeluarkan pinjaman dalam euro, sterling dan dolar nilai tukar pada semua pinjaman adalah 2% jika Anda tertarik kembali ke kami Via jameswhiteloanscompany@gmail.com.with informasi berikut: Nama Anda: Negara: Kota: Alamat: jumlah yang diperlukan : durasi waktu: Umur: Jenis Kelamin: Pekerjaan: Telepon no: Terima kasih. Mr.James
ReplyDelete