Saturday, May 3, 2014

seminar pendidikan ekonomi : laporan kunjungan di penginapan nova



MAKALAH SEMINAR


KUNJUNGAN KE PENGINAPAN NOVA




 










Disusun Sebagai Salah Satu Syarat Mengikuti Mata Kuliah

Seminar Pendidikan Ekonomi



OLEH:

KELOMPOK 1


RENCANA BAIK NDRURU
REFORMASI TAFONAO

REFIDER HALAWA



SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

(STKIP) NIAS SELATAN



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
TAHUN AKADEMIK 2014/2015



KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas kasih dan penyertaan-Nya kepada kami khususnya kelompok I dalam melakukan kunjungan ke Penginapan NOVA dalam rangka untuk memperoleh data informasi seputar bisnis yang dijalankan dalam perusahaan tersebut.
Data yang kami peroleh dari perusahaan penginapan nova, kami gunakan untuk melengkapi materi pembahasan kami yang dimuat dalam makalah ini untuk deseminarkan kepada saudara/i mahasiswa khsusnya jurusan Pendidikan Ekonomi dan kepada seluruh mahasiswa STKIP Nias Selatan pada umumnya.
Kami tim penulis, juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Drs. Baziduhu Laia, M.Pd sebagai dosen pengampu mata kuliah Seminar Pendidikan Ekonomi yang telah menginjinkan kami dalam melakukan kunjungan diberbagai perusahaan-perusahaan khususnya dibidang perhotelan/penginapan untuk memperoleh data seputar dunia bisnis sehingga dapat diseminarkan. Kemudian, kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak AKBP Elezaro Duha dan keluarga yang telah menerima kami dalam melakukan perekrutan data melalui wawancara yang kami butuhkan dalam melengkapi isi pembahasan makalah ini.
Kami tim penulis, memohon maaf sebesar-besarnya bila dalam penyususnan makalah ini banyak berbagai kekurangan dan kelemahan kami baik dalam segi materi, tutur kata maupun bahasa yang kami gunakan. Untuk itu, kami tim penulis sangat mengharapkan berbagai masukan serta kritik dari saudara/i yang bersifat positif untuk perbaikan-perbaikan makalah selanjutnya.
Demikian yang kami sampaikan, kami ucapkan banyak terima kasih semoga makalah ini dapat berguna bagi kita semua.
                                                                               Telukdalam,    Maret 2014
                                                                               Tim Penulis,

i
 
                                                                                    Kelompok I

DAFTAR ISI
BAB I                 PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang ................................................................. ........        1
B.        Tujuan .............................................................................. .........       2
C.        Masalah............................................................................ .........        2
D.       Manfaat ....................................................................................        2
BAB II   HASIL TEMUAN DARI PERUSAHAAN (PENGINAPAN NOVA)
A.       Sejarah Berdirinya Penginapan Nova  ......................................        3
B.       Modal yang Digunakan  ...........................................................        4
C.       Pengelolaan  ..............................................................................        4
D.       Masalah yang Sering Dihadapi  ................................................        5
BAB IV  PEMBAHASAN (USAHA PERHOTELAN/PENGINAPAN)
A.       Pengertian Bisnis/Perusahaan ...................................................        7
B.       Memulai Bisnis Perhotelan/Penginapan Secara Teknis   ...........        8
C.       Pengelolaan Perusahaan Perhotelan/Penginapan   ....................      13
D.       Kegiatan Promosi  .....................................................................      14
BAB IV   PENUTUP
A.       Kesimpulan  ..............................................................................      15
B.       Saran ........................................................................................      15
DAFTAR PUSTAKA ....................................................................................      16
Lampiran.






ii
 
 
BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Bisnis (perusahaan) merupakan organisasi yang menyediakan barang atau jasa untuk dijual dengan maksud untuk mendapatkan laba. Jika pelaku wirausaha dapat mengidentifikasi kebutuhan konsumen yang tidak terpenuhi, atau pun cara yang lebih baik dalam memuaskan kebutuhan pelanggan, mereka akan berhasil (Ricky W. Griffin, Ronald J. Ebert. 1996).
Dalam dunia bisnis, banyak kita temukan berbagai masalah yang dapat membuat usaha kita gagal. Masalah ini bisa timbul dari luar perusahaan (eksternal) maupun dari dalam perusahaan itu sendiri (internal). Hal ini perlu diwaspadai oleh para pemula bisnis supaya dapat memanage seluruh kegiatan dan perilaku dalam sebuah perusahaan.
Untuk itu, dalam rangka meningkatkan dan menciptakan para entrepreneur yang sukses dan berkualitas kedepan serta bebas dari jeratan masalah, perlu diberi bimbingan dan materi tentang cara berwirausaha yang sesungguhnya kepada kaum muda dengan menggunakan berbagai macam cara.
Pendidikan saat ini, juga merupakan salah satu tempat dimana para penerus atau bibit-bibit para entrepreneur banyak diciptakan. Bukan hanya saja membekali siswa secara soft skill melainkan juga membekali siswa dengan hard skill sehingga siswa yang telah menamatkan pendidikannya kelak tidak lagi menganggur akan tetapi dapat membuka usaha sendiri.
Kemudian, melihat bahwa dunia bisnis saat ini juga merupakan salah satu sumber pendapatan negara maka upaya pemerintah membuka berbagai sekolah-sekolah khusus diseluruh pelosok yang memiliki berbagai macam jurusan atau program keahlian untuk menampung para anak-anak bangsa yang memiliki bakat dan keahlian dibidang tertentu. Hal ini juga mencerminkan bahwa pemerintah ikut berperan dalam mengembangkan dunia bisnis (perusahaan).
1
 
Pada kesempatan kali ini, Yayasan Pendidikan Perguruan Tinggi Nias Selatan melalui program studi Pendidikan Ekonomi ikut serta dalam mengembangkan dan memulai kegiatan kewirausahaan (bisnis) dengan cara melakukan kunjungan-kunjungan diberbagai macam jenis usaha yang ada di Nias selatan untuk melakukan wawancara langsung kepada pemilik perusahaan tentang bagaimana cara berwirausaha yang sebenarnya. Hasil kunjungan dari usaha-usaha tersebut diseminarkan di kampus STKIP Nias selatan.

B.       Tujuan
Tujuan pembuatan makalah ini yang penulis utarakan adalah supaya kita:
1.      Dapat mengetahui cara memulai dan melakukan kegiatan bisnis dalam bidang penginapan/perhotelan (melalui hasil kunjungan yang dilakukan atau sumber lain)
2.      Dapat memanage seluruh kegiatan dalam perusahaan penginapan/perhotelan
3.      Mengenali masalah yang terjadi dan dapat mengambil solusi yang tepat.

C.      Masalah
Masalah yang dikemukakan oleh penulis dalam makalah ini yakni sesuai dengan tujuan:
1.      Bagaimana cara memulai dan menjalankan kegiatan bisnis (perusahaan) secara efisien?
2.      Bagaimana cara mengelola (memanage) perusahaan?
3.      Bagaimana cara serta solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah yang terjadi dalam perusahaan?

D.      Manfaat
Manfaat penulisan makalah ini yakni:
1.      Bagi penulis
Untuk memenuhi syarat dalam mengikuti mata kuliah Seminar Pendidikan Ekonomi serta untuk mendapatkan pengalaman dalam penyusunan laporan kunjungan lapangan melalui kegiatan seminar.
2.      Bagi siswa
Untuk dijadikan sebagai bahan bacaaan atau referensi untuk menambah wawasan seputar dunia bisnis (perusahaan).


2
 
 
BAB II

HASIL TEMUAN DARI PERUSAHAAN

(PENGINAPAN NOVA)


A.      Sejarah Berdirinya Penginapan NOVA

Penginapan NOVA mulai beroperasi pada tahun 2009 yang sebelumnya adalah hanya rumah keluarga yang terletak dijalan Pelita – Pasir Putih No. 10. Pemilik perusahaan ini adalah Bapak AKBP. ELEZARO DUHA mantan KAPOLRES Nias selatan yang sekarang beliau menjabat anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara menggantikan Bapak SUASANA DACHI, SH.
Sebelumnya, Beliau menitik karir di kepolisian sejak Tahun 1997 dan pernah bertugas di Polres Nias. Di kota Gunung Sitoli beliau memiliki satu rumah disana dan tinggal bersama keluarganya saat bertugas disana. Setelah dipindahkan ke Telukdalam menjadi Kapolres Nias selatan rumah yang ada di gunung sitoli disewakan kepada orang lain sementara mereka di Telukdalam tinggal dirumah sendiri yang sekarang telah direnovasi menjadi penginapan.
Dalam kepribadian beliau, juga ada sosok entrepreneur sehingga beliau berkeinginan untuk merenovasi rumahnya menjadi sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa yakni penginapan demi mendapatkan laba dan usaha ini sebagai pekerjaan sampingan keluarganya, karena istri beliau hanya sebagai Ibu Rumah Tangga saja sehingga timbul pemikiran “dari pada gak ada kerja dirumah, mending direnovasi rumah ini menjadi penginapan” (imbuhnya saat wawancara).
Disisi lain, dia juga menunnjukkan sifat pemimpin yang bertanggungjawab dalam keluarganya bukan hanya saja di kepolisian. Artinya beliau bertanggungjawab atas seluruh anggota keluarganya untuk dinafkai dan melengkapi seluruh kebutuhan keluarganya dengan cara yang halal, salah satunya adalah melalui perusahaan penginapan yang dikelolanya saat ini.
Pada tahun 2005 Bapak Elezaro Duha mengakhiri pekerjaannya dikepolisian karena umur yang telah menduduki masa pensiun (purnawirawan).



3
 
 

B.       Modal yang Digunakan

Menurut informasi yang didapatkan, dalam membangun penginapan nova mereka menggunakan modal pribadi. Akan tetapi, mereka tidak bisa memberikan perincian anggaran yang digunakan selama pembangunannya karena sebelum ada penginapan hanya berupa rumah keluarganya saja. Kemudian proses pendiriannya bertahap-tahap artinya kapan ada uang disitu dilanjutkan pembangunan. Makanya pada saat kami berkunjung dan menanyakan berapa modal yang dikeluarkan mereka tidak bisa perkirakan.
Samahalnya saat direnovasi menjadi sebuah penginapan, sistem pengerjaannya bertahap disebabkan karena modal yang kurang memadai. Penginapan nova pada saat renovasi pertama hanya memiliki kamar sebanyak 5 dan fasilitas yang ada kurang memadai. Setelah lama kelamaan terus dilakukan renovasi, penginapan ini memiliki 10 kamar dan berlantai 2 Sampai saat ini.
Tidak hanya sampai saat ini pembangunannya, menurut informasi yang kami ambil bahwasannya pembangunan penginapan ini akan terus dilanjutkan, tetapi tergantung pada modal. Pertapakan lahan yang digunakan pada lokasi pendirian perusahaan ini adalah milik pribadi dan merupakan warisan dari orang tua.

C.      Pengelolaan
Pengelolaan yang dilakukan dalam perusahaan ini tidak seperti pada penginapan yang sering kita temui atau kita lihat di perusahaan lain yang serba lengkap dengan bagian-bagian pekerjanya. Misalnya Cleaning Service, security, operator-operator lain serta rumah makan. Akan tetapi pada penginapan nova tidak terdapat hal demikian karena pengelolanya keluarga mereka sendiri sehingga mereka tidak memerlukan biaya yang besar untuk mengupahi orang lain yang bekerja disana.
4
 
Seperti informasi yang didapatkan sebelumnya bahwasannya perusahaan ini hanya sebagai pekerjaan sampingan buat keluarga mereka artinya jika ada yang mau menginap maka mereka akan menerima. Tapi jika tidak ada juga maka tidak menjadi masalah kadang pun dalam 1 bulan gak ada yang menginap (imbuhnya saat wawancara).
Berhubungan dengan pelayanan tamu, saat dilakukan wawancara bahwasannya dalam melayani tamu yang datang mereka juga meberikan pelayanan yang pantas diterima oleh para tamu atau konsumen seperti halnya dengan pelayanan yang sesuai dengan kriteria yang sesungguhnya (pelayanan prima).
Tamu yang datang di penginapan ini, apabila mereka membutuhkan makanan maka mereka memesan dari luar karena dalam penginapan ini tidak tersedia rumah makan. Bagi tamu yang datang wajib menjaga ketertiban yang telah ditentukan dan ditetapkan oleh perusahaan ini, misalnya dilarang menerima tamu tengah/larut malam, dilarang membawa benda-benda tajam atau senjata api kecuali bagi para POLRI dan TNI.

D.      Masalah yang Sering Dihadapi

Menurut informasi yang didapatkan, masalah yang sering dihadapi oleh perusahaan ini yaitu masalah pelanggan. Artinya para pengunjung di penginapan ini sangat terbatas atau sangat sedikit mungkin saja hal ini bisa diakibatkan karena masalah ketersediaan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan oleh konsumen seperti yang dikatakan sebelumnya masalah rumah makan. Seluruh kebutuhan makanan para konsumen dipesan dari luar hal ini bisa membuat konsumen tidak lagi menginap di penginapan ini. Kemudian, penginapan ini jauh dari keramaian orang atau dengan kata lain sepi hal ini juga bisa membuat para tamu tidak berminat untuk tinggal di penginapan ini. Hal tersebut diatas tidak menjadi masalah bagi pemilik perusahaan (imbuhnya saat wawancara).
Pengunjung yang datang (penginap) adalah orang-orang yang datang dari luar kabupaten nias selatan bahkan wisatawa-wisatawan asing seperti Jepang, Amerika serikat, Australia dan beberapa tourist lain pernah menginap di penginapan ini. Akan tetapi tamu yang datang tidak lama kadang hanya 3-4 hari mereka nginap setelah itu tidak ada lagi.
5
 
Pada saat-saat tertentu misalnya pada saat tutorial UT dan acara-acara lain yang dilaksanakan di Kabupaten Nias Selatan yang pesertanya datang dari luar, maka penginapan nova memiliki tamu/ pengunjung yang banyak bahkan semua kamar-kamar yang tersedia penuh. Hari-hari tersebut merupakan hari-hari pengunjung musiman bagi penginapan nova.
Itulah hasil seluruh informasi yang didapatkan oleh kelompok 1 saat berkunjung di penginapan nova mulai dari sejarah berdirinya perusahaan hingga pada perkembangan pengelolaannya saat ini.
                                                                                   






















6
 
 
BAB III

PEMBAHASAN

A.      Pengertian Bisnis (Perusahaan)
Raymond  E. Glos dalam bukunya Business: Its Nature and Environment: An Introductio, menyatakan bahwa perusahaan diartikan sebagai sebuah organisasi yang memproses perubahan keahlian dan sumber daya ekonomi menjadi barang dan/atau jasa yang ditujukan bagi pemuasan kebutuhan para pembeli, serta diharapkan akan memberikan laba bagi para pemiliknya.
Bisnis hotel adalah bisnis yang sangat menguntungkan dan sustainable atau bertahan lama. Salah satu hal yang pasti dari memiliki bisnis hotel adalah mendapatkan nilai jual property hotel anda yang jauh lebih tinggi dari modal yang anda keluarkan pada saat pembangunannya, bahkan apabila hotel anda selalu ramai dikunjungi tamu dengan tingkat huni yang tinggi maka nilai hotel anda akan berlipat lipat. Disinilah kuncinya mengapa pengusaha yang sudah memiliki satu hotel akan dalam waktu yang tidak terlalu lama memiliki hotel baru yang lain.
Berbeda dengan bisnis lain, kesuksesan bisnis hotel dikarenakan para pemilik maupun pengelola hotel lebih banyak menitikberatkan kepada faktor SDM sebagai pelaksana. Sudah banyak slogan perusahaan besar pengelola hotel yang menyatakan bahwa bisnis hotel adalah mengenai bagaimana menyenangkan para tamu dan untuk dapat menyenangkan para tamu maka para karyawan yang bekerja di suatu hotel haruslah merasa senang terlebih dahulu, dan bagaimana untuk membuat karyawan senang, tentu banyak caranya.
Selain itu, faktor lokasi , faktor harga, faktor kebersihan dan kenyamanan, faktor fleksibilitas juga memegang peranan yang sangat penting terdadap kesuksesan bisnis ini, sehingga bagi anda yang berencana memulai business hotel dapat mempertimbangkan faktor-faktor diatas.
7
 
Dalam pengertian diatas, perlu diketahui bahwa perusahaan juga merupakan sebuah organisasi dimana didalamnya terdapat orang-orang yang ingin bekerja sama untuk mencapai seluruh tujuan yang hendak dicapai. Dalam kegiatan bisnis tidaklah dapat berjalan sendiri jika Sumber Daya Manusianya terbatas. Untuk itu, kegiatan bisnis ini perlu dan membutuhkan tenaga kerja yang dapat membantu pekerjaan-pekerjaan tertentu dalam sebuah perusahaan serta berperan dalam mengembangkan usaha kedepan.
Organisasi bisnis (perusahaan) dijalankan oleh seorang manajer bersama dengan anggota-anggotanya. Apabila seorang manajer tidak dapat menggerakkan seluruh anggotanya maka kegiatan yang dilakukan dalam bisnis tidak akan pernah berjalan secara efisiensi. Dalam organisasi perusahaan perlu ada pengorganisasian yang matang sebelumnya dan ini adalah tugas utama seorang manajerial perusahaan. Banyak kita temui dalam perusahaan-perusahaan saat ini yang menjadi faktor utama yang sangat mempengaruhi perkembangan perusahaan adalah masalah etika dan moral baik itu etika manajerial maupun etika karyawan.
Etika dalam bisnis merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan yang diinginkan karena ini sangat berpengaruh sekali kepada pihak internal perusahaan maupun kepada pihak eksternal. Etika dalam bisnis berbicara tentang perilaku etis yang seharusnya diberikan dan ditunjukkan oleh semua orang yang ada dalam lingkungan organisasi tersebut kepada satu dengan yang lain hingga kepada konsumen dan lingkungan sekitar.

B.       Memulai Bisnis Perhotelan/Penginapan Secara Teknis

Dalam memulai bisnis perhotelan/penginapan, banyak pengusaha hotel  yang memulainya hanya dengan memiliki sebidang tanah berikut permodalan yang tidak begitu besar.
Untuk mewujudkan mimpi memiliki sebuah hotel/penginapan pada sebidang tanah tersebut, dibutuhkan bantuan permodalan dari pihak lain seperti pihak perbankan atau investor dimana dalam pengajuan kredit ke pihak perbankan atau investor, calon pemilik hotel harus sudah memiliki Rencana Anggaran Biaya atau R.A.B pembangunan hotel/penginapan tersebut serta Studi Kelayakan usaha Hotel atau Hotel Feasibility Study (FS ).
8
 
R.A.B  di buat oleh konsultan perencana atau arsitek yang hasil output pekerjaannya adalah blue print design hotel lengkap dengan Rencana Anggaran Biaya secara detail sehingga calon pemilik hotel, pihak perbankan atau investor tahu berapa dana yang dibutuhkan untuk pembangunan hotel tersebut.
Memulai bisnis perhotelan/penginapan secara teknis sangat penting karena dapat mengurangi resiko yang dapat menimbulkan kerugian besar bagi pemilik perusahaan. Berikut dapat dijabarkan beberapa langkah-langkahnya:
1.      Ide atau Konsep Hotel
Banyak pemilik hotel atau pengusaha hotel yang sukses memulai bisnis ini dari nol hanya dengan memiliki ide atau konsep cemerlang tentang hotel yang akan dibangunnya.
2.      Permodalan
Setelah ide anda cukup menggebu dan anda merasa sangat yakin dengan ide tersebut, maka langkah selanjutnya adalah dengan melihat faktor permodalan anda. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah hotel? Tentu disesuaikan dengan besar kecilnya hotel yang kelak akan anda bangun. Namun apabila permodalannya tidak begitu besar, anda tetap dapat membangun hotel dengan konsep simple atau budget hotel.
Memulai membangun hotel tidak harus anda memiliki modal 100% namun anda bisa memulai dengan menyediakan 40-50% nya saja, selebihnya bisa anda dapatkan dari pinjaman bank.
3.      Penentuan Lokasi
Faktor lokasi sangat menentukan kesuksesan usaha hotel sehingga pemilihan lokasi harus anda lakukan dengan sangat hati-hati. Pada penentuan lokasi ini, anda dapat membeli tanah yang masih kosong atau tanah dengan bangunan yang tidak berfungsi dan dapat anda beli dengan harga yang tidak terlalu tinggi.
4.      Buat Studi Kelayakan atau Feasibility Study
9
 
Kadangkala kita sangat yakin dengan insting bisnis kita, namun perhitungan cermat dan investigasi mendalam dari sebuah studi kelayakan akan sangat membantu anda. Studi kelayakan dapat memberikan gambaran yang akurat dan detail tentang prospek bisnis hotel anda, jenis hotel anda, berapa jumlah kamar yang harus dibangun, fasilitas apasaja yang perlu dan tidak perlu, berapa harga kamarnya berapa investasinya sampai berapa lama investasi anda akan kembali. Dengan studi kelayakan, anda dapat mencegah terjadinya kerugian besar yang diakibatkan salah dalam merancang hotel anda. Agar Hasil dari Study Kelayakan ini hasilnya murni dan fair, maka sebaiknya Studi Kelayakan dibuat oleh konsultan bisnis hotel yang mengerti betul tentang seluk beluk bisnis hotel.
Feasibility Study dibuat salah satunya oleh konsultan hotel, karena untuk mengetahui secara detail berbagai aspek operational, aspek pasar, aspek financial dan managemen hotel secara menyeluruh. Feasibility Study dibutuhkan karena pihak perbankan atau investor perlu suatu keyakinan bahwa dana yang akan mereka kucurkan melalui kredit investasi ini aman dan dapat kembali tepat waktu.
Ada 2 (dua) aspek penting dalam studi kelayakan yaitu:
1. Aspek Pasar
Studi kelayakan menggali secara mendalam melalui investigasi lapangan tentang kekuatan pasar atau market demand akan produk hotel di suatu wilayah tertentu.
2. Aspek Finance
Suatu hitungan yang detail dan komprehensive  tentang rencana cash flow usaha hotel apabila hotel ini kelak jadi beroperasi. Melalui analisa cash flow ini, pihak perbankan atau investor dapat melihat kemampuan debitur untuk mengembalikan pinjaman berikut bunganya.
5.      Libatkan Konsultan Hotel
Dengan melibatkan konsultan hotel, akan banyak mengurangi beban pekerjaan perencanaan hotel anda dan dengan adanya konsultan hotel maka perencanaan detail terhadap rencana operasional hotel dapat dilakukan dengan lebih baik. Adanya konsultan hotel dapat menghemat banyak dana yang disebabkan anda salah beli barang dan peralatan serta salah design yang menyebabkan pembangunan harus dibongkar ulang dikarenakan tidak operation wise.
Berikut jasa yang diberikan Konsultan kepada para pemilik perusahaan perhotelan/penginapan, yaitu:
a.       Technical Service
10
 
Technical Service adalah jasa yang diberikan dalam membantu para calon pemilik hotel atau yang sudah memiliki hotel pada saat mereka ingin memulai bisnis ini. Jasa yang diberikan mulai dari tahap konsultasi masalah ide hotel atau ide konsep hotel yang akan dibangun. setelah itu, membantu dalam hal penentuan lokasi, studi kelayakan, pemilihan arsitek dan kontraktor, pengurusan perizinan hingga pada tahap pemilihan barang-barang kebutuhan hotel dan lain-lain.
b.      Pre Opening Service
Pre Opening Service adalah jasa yang diberikan pada saat pembangunan hotel/penginapan sudah mendekati tahap penyelesaian. Jasa yang diberikan meliputi rekruitment pegawai, pelatihan pegawai, penyiapan standar operation & prosedur, policy & procedure, simulasi kerja bagi karyawan sampai hotel tersebut dibuka untuk umum.
c.       Operation & Management
Setelah hotel/penginapan dibuka untuk umum, maka dibutuhkan pengelolaan secara baik dan benar agar hotel/penginapan  tersebut dapat memberikan keuntungan maksimal. Pengelolaan hotel cukup rumit dan banyak menyita waktu dan energi sehingga banyak pemilik hotel yang menyerahkan pengelolaannya kepada para operator hotel, dan sebagai pemilik anda cukup menerima laporan perkembangannya saja. Dengan menyerahkan pengelolaan hotel kepada operator pengelola hotel, anda dapat lebih memfokuskan diri pada pengembangan usaha seperti pembangunan hotel baru di wilayah lain.
6.      Penentuan Arsitek
Untuk mendesign hotel/penginapan agar maksimal dalam pemanfaatan ruang dan agar kontraktor dapat membangun hotel dengan biaya effisien maka dibutuhkan seorang arsitek atau konsultan perencana dalam perencanaan pembangunan hotel anda. Arsitek akan menggambar seluruh arsitektur bangunan, membuat gambar mekanikal & elektrikal serta plumbing sampai membuat rencana anggaran biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan hotel anda tersebut. Gambar arsitektur juga dibutuhkan dalam pengurusan Izin Mendirikan Bangunan hotel anda.




11
 
 
7.      Pengurusan Perijinan
Sebelum anda membangun hotel, anda harus mengurus segala perijinannya. Yang paling pertama tentunya adalah izin lokasi karena tanpa izin ini tentu anda tidak dapat mengurus izin-izin yang lain dari pemda setempat.
8.      Penentuan Kontraktor & Konsultan Pengawas
Setelah design arsitektur  hotel/penginapan selesai dan Izin Mendirikan Bangunan didapatkan dari Pemda setempat, maka tahap selanjutnya adalah menentukan siapa yang akan menjadi kontraktor pembangunan hotel anda. untuk menentukan siapa kontraktor pembangunan hotel, dapat dikakukan dengan cara tender atau penunjukan langsung. Selain kontraktor, anda juga harus menentukan siapa yang akan menjadi Konsultan Pengawas yang bertugas mengawasi kontraktor agar proses pembangunan berjalan tepat waktu serta sesuai dengan spesifikasi-spesifikasi yang dibuat oleh konsultan perencana. Konsultan Pengawas adalah wakil dari Project Owner dalam proses pembangunan hotel.
9.      Belanja Kebutuhan Barang dan Perlengkapan Hotel.
Untuk kebutuhan ini, anda dapat melakukannya sendiri, namun dengan adanya konsultan yang membantu anda maka terjadinya salah beli atau harga barang terlalu mahal dapat anda hindari. Barang-barang kebutuhan operasional hotel cukup mahal harganya sehingga terjadinya salah beli akan mengakibatkan investasi yang membengkak.
10.  Persiapan Pembukaan Hotel
Apabila sampai tahap nomor 9 anda melakukannya tanpa bantuan Konsultan hotel, maka pada tahap persiapan pembukaan hotel ini, anda benar benar harus menyewa seorang konsultan atau tenaga ahli untuk melakukan rekruitmernt pegawai, pembuatan standar operasional & prosedur, training dan lain-lain. Untuk kebutuhan ini, anda tidak dapat lakukan sendiri kecuali jika anda memang seorang ahli di bidang manajemen hotel dengan pengalaman yang cukup.
11.  Pembukaan Hotel 
12
 
Setelah hotel anda dibuka untuk umum, anda akan mengalami masa-masa dimana tidak ada tamu yang datang menginap dihotel anda. Dibutuhkan kerja keras dari tenaga pemasaran untuk dapat menghadirkan tamu ke hotel anda sehingga pada tahap awal ini, anggaran pemasaran harus mendapatkan prioritas utama.

C.      Pengelolaan Perusahaan Perhotelan/Penginapan
Pengelolaan perusahaan perhotelan bukanlah cara yang gampang seorang menejer harus dapat memanage seluruh kegiatan yang dilakukan para karyawannya dalam perusahaan ini. Pengelolaan perusahaan ini sama halnya dengan perusahaan-perusahaan  yang bergerak dibidang lain.
Perilaku atau etika seorang manajer selalu diharapkan pada pengelolaan perusahaan ini, etika ini perlu dibina pada seluruh anggota organisasi perusahaan supaya tetap memberikan pelayanan yang utuh antara satu dengan yang lain hingga bagi konsumen sehingga para konsumen atau pengunjung tersebut tetap dipertahankan dan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.
Berikut gambar hubungan etika atau perilaku seseorang yang sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan perhotelan/penginapan.








 











 







Dari gambar diatas, bisa kita ketahui bahwa perilaku seorang manajer sangat berpengaruh bagi karyawan, karyawan ke konsumen, konsumen bertindak dan berimbas terhadap perusahaan dan perusahaan mengalami kemacetan/kegagalan operasi dan mengakibatkan kerugian bagi manajer/pemilik perusahaan.
13
 
Ketersediaan bagian-bagian pekerjaan dalam sebuah perusahaan perhotelan/penginapan akan membantu proses pengelolaan yang mudah dan efisiensi.

D.      Kegiatan Promosi
Tujuan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan adalah untuk mendapatkan suatu penghsilan. Jika seseorang ingin memiliki sesuatu penghasilan yang lebih besar lagi maka seseorang tersebut melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkannya. Demikian halnya dengan perusahaan perhotelan ini jika  ingin lebih dikenal maka salah satu cara adalah melalui kegiatan promosi baik melalui media masa, kegiatan seminar, dan berbagai macam cara lainnya.
Saat ini banyak kita temui diberbagai iklan-iklan televisi yang mempromosikan perusahaan perhotelan/penginapannya guna mempengaruhi masyarakat luas untuk berkunjung pada perusahaan tersebut. Disisilain, kegiatan promosi juga membantu dalam mengembangkan perusahaan.






















14
 
 
BAB IV
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Dari pembahasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa dalam memulai bisnis/perusahaan perlu diperhatikan berbagai macam langkah yang akan dilakukan sebagai tahap awal sebelum melakukan tindakan. Tindakan yang akan diambil jangan terlalu buru-buru karena dapat mengakibatkan hal yang sangat fatal dan mengakibatkan kerugian besar.
Kemudian, dari beberpa pembahasan mengenai dunia bisnis dalam bidang perhotelan/penginapan diatas, dapat kita ketahui apa itu yang dimaksud dunia bisnis? Dan menyimpulkannya sesuai dengan pendapat ahli dibawah ini.
Raymond  E. Glos dalam bukunya Business: Its Nature and Environment: An Introductio, menyatakan bahwa perusahaan diartikan sebagai sebuah organisasi yang memproses perubahan keahlian dan sumber daya ekonomi menjadi barang dan/atau jasa yang ditujukan bagi pemuasan kebutuhan para pembeli, serta diharapkan akan memberikan laba bagi para pemiliknya.
Bisnis hotel adalah bisnis yang sangat menguntungkan dan sustainable atau bertahan lama. Salah satu hal yang pasti dari memiliki bisnis hotel adalah mendapatkan nilai jual property hotel anda yang jauh lebih tinggi dari modal yang anda keluarkan pada saat pembangunannya, bahkan apabila hotel anda selalu ramai dikunjungi tamu dengan tingkat huni yang tinggi maka nilai hotel anda akan berlipat lipat.

B.       Saran
Yang menjadi saran penulis dalam materi pembahasan ini adalah agar hal yang terbaik yang tercantum dalam makalah ini semoga dapat bermanfaat bagi saudara/i dan dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuannya saat memulai usaha anda kelak dan apabila ada hal-hal yang mengkin tidak sesuai dengan keinginan sehingga saudara/i tidak termotivasi sama sekali supaya dapat memaklumi dan mari kita bekerja sama dalam mencari solusi yang tepat sesuai dengan keinginan yang kita harapkan bersama.


15
 
 
DAFTAR PUSTAKA

·         Hasil perolehan data/informasi saat berkunjung di Penginapan NOVA Tanggal 10 Maret 2014
·         Rycky W. Griffin, Ronald J. Ebert. B I S N I S edisi kedelapan, 2006. PT.Gelora Aksara Pratama.
·         Artike pengelolaan perhotelan/penginapan, By KN HOTELS Management.
·         Artikel Sanitasi Perhotelan.








IMG_20140311_101826.jpg


IMG_20140311_101928.jpg,IMG_20140311_101639.jpg



IMG_20140311_101509.jpg
 




























Tampak gambar depan penginapan NOVA
 


IMG_20140311_101948.jpg













IMG_20140311_101523.jpgIMG_20140311_101448.jpg

1 comment:

  1. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk mengatasi kebutuhan keuangan Anda? kami menawarkan pinjaman mulai dari 5,000.00 ke 250.000.000,00 Max, kita dapat diandalkan, efisien, cepat dan dinamis, tidak ada pemeriksaan kredit dan menawarkan 100% dijamin pinjaman luar negeri selama seluruh periode sini. Kami juga mengeluarkan pinjaman dalam euro, sterling dan dolar nilai tukar pada semua pinjaman adalah 2% jika Anda tertarik kembali ke kami Via jameswhiteloanscompany@gmail.com.with informasi berikut: Nama Anda: Negara: Kota: Alamat: jumlah yang diperlukan : durasi waktu: Umur: Jenis Kelamin: Pekerjaan: Telepon no: Terima kasih. Mr.James

    ReplyDelete

Poskan Komentar Anda Di Sini!!